Bisnins rumah sangat fleksibel dan dapat menggunakan modal yang tidak terlalu besar. Selain kerap kali menjadi usaha modal yang tidak terlalu besar. Selain kerap kali menjadi usaha sampingan, usaha rumahan tetap dapat memberikan keuntungan yang cukup banyak dan menjadi sumber naskah utama, yang berbanding lurus dengan kontribusi waktu, ide, dan usaha pemiliknya.
Untuk berbisnis di Rumah, hal yang harus kita ketahui adalah
Memahami selera pasar.
Pemasaran merupakan kegiatan yang penting dalam perkembangan bisnis rumahan. Suksesnya penjualan dapat di lihat jumlah produk atau jasa dari bisnis rumahan ini dapat memenuhi kebutuhan dan selera pasar. Bagaimana cara agar anda tau selera pasar.
- A. Pemasaran dalam bisnis Rumahan
Tujuan dari pembuatan rencana pemasaran adalah agar konsumen datang, mau membeli, lebih sering membeli, dan membeli lagi dalam jumlah yang banyak. Untuk mencapai hal tersebut ada tiga faktor yang mempengaruhi penjualan yaitu kegiatan pemasaran, periklanan, dan jejaring sosial ( networking). Ketiga faktor ini akan mempengaruhi image produk, jasa yang anda usahakan.
Cakupan kegiatan yang anda lakukan adalah menentukan harga, merencanakan sebuah iklan, melakukan promosi, mempunyai informasi pasar, dan mengenali para pesaing dengan produk serupa atau produk substitusi. Tiga hal ini akan anda raih dengan melakukan riset pasar dan perluasan jaringan kerja yangs esuai dengan jenis bisnisnya.
- B. Penentuan harga jual kekonsumen
o Harga yang baik yang pantas di beli konsumen dan berkualitas baik, tetapi cukup memberikan keuntungan yang diinginkan bagi pemilik bisnis. Walaupun kadang harga mahal tetap di beli oleh konsumen, tetapi lebih banyak orang ingin membeli barang dengan murah dan berkualitas.
Bagai mana supaya anda menentukan harga Barang.
Pendekatan untuk menentukan harga dapat dengan beberapa cara, sebagai berikut.
1. Pendekatan dari modal dan biaya-biaya, yaitu dengan cara menjumlahkan semua biaya dan modal yang di perlukan untuk memproduksi produk, lalu cari harga satuan produkbanyak yang di produksi.
2. Pendekatan dar daya beli konsumen, yaitu dengan cara membuat survei pasar yangs ering di gunakan konsumen untuk membeli satu jenis produk yang hendak di jual. Selain itu juga perlu dilakukan survei harga yang di inginkan konsumen untuk membeli satu produk baru
3. Pendekatan dari gharga pesaing usaha, yaitu melihat harga produk sejenis paling banyak di beli konsumen dari produsen lain
Pendekatan tiga tadi dapat dilakukan bersama-sama untuk mendapatkan harga paling baik. Selain pendekatan tadi, ada faktor-faktor yang harus di perhatikan
• Harga modal awal murah didapat dengancara membeli langsung pada produsen langsung.
Membuat sendiri dan standar yang disarankan. Dan pemilihan bahan baku baik, tetapi ekonomis
• Menentukan tingkat keuntungan yang tidak terlkalu besar, tetapi dapat menjual dengan jumlah yang lebih banyak.
• Bersaing dengan harga yang di tawarkan oleh pesaing usaha ada di sekitar lokasi usaha
• Menekan kegiatan yang memakan biaya besar. Caranya dengan melakukan efisiensi dan efektifitas biaya operasional
• Meminjam sistem jaringan usaha dengan mencari teman atau saudara untuk membantu memasarkan produk/jasa yang di usahakan dengan perjanjian keuntungan yang telah di sepakati.
- Terima kasih atas kunjungan Sahabat semuanya.. masiha da lanjutannya Yang C. kalau A dan B tentang, A. Pemasaran dalam bisnis Rumahan, B. Penentuan harga jual kekonsumen. Dan C . Survei dan Selera Pasar, nantikan kelanjutannya….
0 komentar:
Posting Komentar